Different Sides








   Pernahkan anda melihat kapal laut yang besar bisa berjalan juga di darat? atau laptop dengan desain semuanya transparan? Atau penggorengan yang sekali taruh langsung bisa matang? Atau pernahkah anda melihat sebuah flashdisk untuk dijadikan kunci motor? Hal itu semua mungkin belum pernah anda lihat. Namun saya sudah pernah melihat dan merasakannya dalam Imajinasi. Saya hanya tinggal meng-aplikasikannya kedalam dunia nyata. Kenapa orang-orang Jaman dulu sepertinya mudah untuk menciptakan benda-benda berguna di saat ini? Seperti Edison yang menciptakan Lampu. Wright yang menciptakan Pesawat terbang. dan Bell yang menciptakan Telepon. Pada zaman dulu itulah mungkin edison berpikir bahwa bagaimana jika dia ketika belajar mendapat penerangan yang cukup bukan hanya dari api saja. Kemudian Wright bersaudara berpikir bagaimana membuat transportasi yang menghemat waktu berlipat. Dan Bell yang mungkin berpikir bahwa bagaiman bisa menghubungkan dua orang yang ingin berbicara jarak jauh. Dan pemikiran itu lah yang disebut DIFFERENT SIDES atau sisi yang berbeda. Mereka melihat sesuatu dari sisi yang berbeda. Tidak melihat dari sisi yang sudah pernah dilihat. Wright misalnya, mereka tak mau melihat sisi transportasi yang sudah pernah dilihat oleh Karl Benz. Mereka ingin melihat bagaimana alat transportasi bisa melalui udara. Akhirnya setelah merek berdua melihat sisi yang berbeda, mereka mulai meng-aplikasikan apa yang telah ia lihat. Dan semua itu butuh IMAJINASI.



     Beberapa minggu ini, saya memilih duduk dibelakang kelas saya karena saya memang biasa duduk di depan. Saya duduk dibelakang karena saya ingin melihat dari sisi yang berbeda. Saya melihat teman-teman saya selama ini hanya dari depan. Dan saya mencobanya dengan duduk paling belakang. Dan hasil itu membuktikan bahwa selama ini teman-teman luput dari perhatian. Ada yang selalu berbicara dengan teman sebelahnya. ada juga yang serius memperhatikan. Bahkan ada yang bermain HP. Ketika saya melihat dari depan, saya tidak bisa memperhatikan bagaimana keadaan teman saya. 
Karena saya juga harus memperhatikan pelajaran sendiri. Namun ketika melihat dari belakang. Sudah terlihat jelas perbedaannya. Dan sekali lagi inilah yang dinamakan DIFFERENT SIDES. Cobalah untuk memperhatikan orang-orang disekitarmu dari sisi yang berbeda. Pahami mereka. Saya mempunyai banyak penglihatan menggunakan cara different sides untuk bisa menciptakan sesuatu yang baru. Saya ingin melihat bagaimana jika Bahasa Indonesia bisa menjadi internasional menggantikan bahasa inggris. Hal ini bisa saja terjadi dengan usaha dan waktu. Masih banyak sisi-sisi yang sudah saya lihat dari sisi berbeda, namun hanya kurang meng-aplikasikannya.



Kesimpulannya different sides itu selain untuk Kreativitas juga sebagai pemahaman karakter seseorang.


Motivasi
"Untuk menjadi seorang penemu, yang anda butuhkan hanyalah Imajinasi dan setumpuk sampah"

"Jangan melihat keindahan sesuatu dari satu sisi, maka suatu saat anda akan terkecoh akan keburukan dari sisi yang lain."

"Imajinasi lebih berarti ketimbang Ilmu pengetahuan"
Reviewed by -Kikik Efendi* World on 12/10/2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.