CDI REXTOR & BRT 

Well,… Capacitor Discharge Ignition (CDI) sangat diperlukan dalam proses pengapian suatu motor …!!! Secara basic pengapian suatu motor terdiri dari trigger coil, source coil, CDI, dan igntion coil …!!! Namanya juga trigger coil,… trigger coil ini yang akan menginstruksikan kepada CDI untuk memantikan api melalui ignition coil …!!! Source coil sendiri sebagai generate power… yang berputar pada magneto flywheel …!!! Naagh jaman sekarang CDI sudah digerakkan melalui akki… sebagai sumber powernya… !!! So.. kalau akki nya soaak… yaaa CDI nggak bisa berfungsi… thuz jangan harap ada pengapian… alias mogok …!!! :D
Mengingat fungsinya adalah sebagai ‘otak’ pengapian… peranan CDI dalam mendongrak performance cukup penting …!!! Mau air fuel mix rationya besar juga… kalau CDI nya ada limiternya juga… nggak bakalan bisa lari …!!! Pabrikan motor juga paling masang CDI standard yang pake limiter… dan jika dipikirkan yaaa logik saza… !!! Lha kalau dikasih CDI unlimiter …. enginenya bakalan ‘menyalak’… dan ujung-ujungnya keausan part akan lebih cepat… lha bakalan repot thoo dengan garansi …!!! CDI racing pun ada macamnya… ada yang tinggal plug and play… alias punya mapping yang ‘best practice’ … dan ada juga yang perlu settingan segala …!!!                               

CDI dual band… sesuai namanya… berarti punya 2 kurva… !!! Biasanya perpindahan mapping kurva… bisa dilakukan dengan saklar / switch …!!! Hal ini biasa jika dilakukan di balap / race misalnya… !!! Dalam keadaan off alias switch tidak di on,… maka kurva pengapian standard aza… Misalnya saza sewaktu RPM masih 2000 maka pengapian di set 15 derajat… namun jika sudah naik misalnya 3000RPM pengapian menjadi 27 derajat misalnya… !!! Naagh jika kurva 2 diaktifkan, maka sewaktu RPM menyentuh 3000 misalnya maka pengapian bukan lagi 27 derajat.. namun sudah 29 derajat… sebelum titik mati atas (TMA)…  !!!
Implikasi dari CDI model ini… yaagh tentu saza motor menjadi responsif… !!! CDI pun di pasaran juga bermacam-macam… ada yang hyperband… dalam artian  range RPM nya lebar banget… sampai 20 rebu RPM … tinggal disetting aza… !!! Bagaimana dengan moge … ??? Yaagh mirip aza laagh… namun semuanya diatur oleh ECU… lebih kompleks aza laagh… !!! Pengalaman gue menggunakan CDI racing… yaaagh RPM gampang banget untuk naik…. berbeda jauh dengan CDI standard … yang relatif lebih memikirkan long lasting dari komponen engine …!!!
Last,… CDI Indonesia… seperti BRT, Rextor sudah juga diperhitungkan di kancah Asia Tenggara… !!! Di Malaysia ataupun Philippines… CDI Indonesia ini bisa bersaing dengan CDI buatan Negeri Gajah Putih… !!! So,.. jika ada regulasi yang mendukung … pasti industri part Indonesia bisa berkibaaar… betul …??? :D
Reviewed by -Kikik Efendi* World on 5/14/2013 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.