Keran atau Katup Gas sebagai Pengaman Konverter Kit LPG
Gas LPG mempunyai sifat hampir sama dengan bensin, sangat mudah menguap
dan mudah terbakar. Pada suhu ruangan gas LPG berwujud gas sedangkan
bensin bentuknya cair, oleh karena itu tidak boleh ada kebocoran. Pada
saat mesin mati atau tidak digunakan tidak boleh ada gas LPG yang
keluar.dari sistem Konverter Kit. Oleh karena itu diperlukan suatu alat
yang dapat menutup saluran gas LPG selama mesin tidak digunakan, alat
ini disebut Katup gas atau Keran gas.
Keran gas pada kebanyakan sistem Konverter Kit LPG biasa disebut:
Fuel-LockOff. Ada tiga jenis keran gas yang biasa digunakan untuk
Konverter Kit yaitu Keran Gas manual, Katup Selenoid dan Katup Vakum.
Keran Gas Manual
Untuk mesin dengan ukuran kecil seperti generator bisa kita gunakan kran
gas biasa yang dioperasikan secara manual. Keran gas ini bisa juga kita
gunakan pada sepeda motor, tapi hanya untuk masa percobaan atau
pengujian saja, tidak disarankan pada penggunaan sepeda motor
sehari-hari.
Gambar 1. Keran gas manual |
Pada pemakaian Sepeda Motor sehari-hari diperlukan keran gas yang
bekerja otomatis, menutup saluran gas pada saat mesin mati atau tidak
digunakan dan membuka pada saat mesin hidup.Sebagai alternatif alat yang
bisa digunakan adalah: Katup Selenoid dan Katup Vakum.
Katup Selenoid
Katup Selenoid bekerja dengan menggunakan listrik dc 12 volt, Pada
Sepeda Motor Katup Selenoid ini diaktifkan dengan Kunci Kontak atau
Ignition Swicth. Katup membuka pada saat kunci kontak ON, dan menutup
pada saat kunci kontak OFF, jadi sedikit lebih aman dibandingkan dengan
Kran gas manual dimana kita bisa lupa menutupnya.
Gambar 2. Katup Selenoid |
Katup Vakum atau Vacuum Valve
Vacuum Valve, alat ini yang paling aman dan paling ideal digunakan pada
sistem Konverter Kit. Tapi kita sulit untuk mendapatkan alat ini
dipasaran yang sesuai untuk keperluan Konverter Kit. Vacuum valve
bekerja hanya jika ada putaran pada mesin, dimana tekanan vakum pada
intake manifold akan mengaktif kan Vacuum valve ini. Jadi sekalipun
Kunci kontak ON, jika kita belum men-start mesin, baik dengan starter
elektrik ataupun dengan pedal kick starter Vacuum valve belum aktif atau
masih menutup. Jadi lebih dan paling aman.
Gambar 4. Skema dasar sebuah Vacuum valve |
Gambar dan cara membuat Katup Vakum (vacumm valve) bisa dilihat di Membuat Katup Vakum untuk Konverter Kit
Pada Konverter Kit komersial, Vacuum valve ini dibuat bersatu dengan
Regulator menjadi satu modul saja. Di bawah ini adalah gambar salah satu
contoh sebuah Regulator yang sudah memiliki Vacuum valve.
Cara penggunaan vacumm valve ini bisa dilihat di sini: Vacumm valve, aman dan mudah
Reviewed by -Kikik Efendi* World
on
12/10/2014
Rating:
Tidak ada komentar: