Sering Minum Soda Dapat Mengakibarkan Kelainan Jantung?


Kelainan Jantung

Seorang wanita jatuh pingsan dan juga mengalami gangguan jantung. Dilakukan Hasil tes dan tenyata menunjukkan adanya kadar kalium di dalam tubuh wanita ini dengan kandungan yang rendah. Ternyata dan ternyata wanita ini selama separuh hidupnya tak pernah minum air putih, akan tetapi hanya bersoda saja.
Penyakit Jantung
“Salah satu pesan pentingnya adalah ahli jantung perlu menyadari hubungan antara konsumsi cola dan kehilangan kalium, dan harus menanyai kebiasaan minumnya ketika mengidap sindrom QT panjang,” kata peneliti, Dr Naima Zarqane, di kutip Fox News, Rabu (26/6/2013).
Hasil dari pemeriksaan aktivitas pada jantung mengungkapkan bahwa dalam diri wanita ini mengidap kelainan yang disbut sindrom QT. Yang mana gangguan ini adalah penyebab jantungn berdetak tak tentu. Dan si wanita ini mengaku tak mempunyai riwayat dengan gangguan jantung.
Kepada sang dokter, wanita ini mengatakan dirinya hanya minuman soda saja sejak usianya 15 tahun. Dia minum soda (cola) sekitar 2 liter. Akhirnya si wanita ini berpuasa dari minum soda selama kurun waktu seminggu, dan bernar saja kadar kalium di jantungnya kembali normal.
Ternyata terlalu banyak konsumsi cola menyebabkan perut kelebihan pada gilirannya dapat terjadi diare dan hilangnya kalium. Tingginya kadar kafein soda dapat meningkatkan produksi urine dan dapat mengurangi penyerapan kalium. Kalium penting dalam mengatur detak jantung dan jika rendahnya kadar kalium maka menyebabkan gangguan denyut jantung .
Menurut para peneliti, kasus kesehatan karena konsumsi soda berlebihan bukan kali ini saja. Ada 6laporan yang menjelaskan konsumsi cola secara berlebihan memicu masalah medis yang berbahaya, termasuk gangguan jantung.
Konsumsi soda yang brlebihan juga menyebabkan obesitas atau berat badan, yang salah satu faktor risiko penyakit jantung. Demikian info kesehatan mengenai dampat buruk minuman soda dalamkesehatan tubuh.(dnm)
Sumber: Fox News
Reviewed by -Kikik Efendi* World on 7/14/2013 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.