Peranan Karburator LPG pada Tingkat Kecepatan Putaran Mesin
Pada waktu sepeda motor dihidupkan saat piston dalam silinder melakukan
langkah hisap, hisapan ini membuat udara masuk melalui karburator. Udara
dengan kecepatan tertentu mengalir melewati Venturi, sehingga
mengakibatkan tekanan di Venturi menjadi rendah, akibatnya gas LPG dari
Regulator keluar melalui spuyer atau nozle. Gas LPG yang keluar
bercampur dengan udara. Campuran gas dan udara ini akan masuk ke dalam
ruang bakar di mesin untuk kemudian dibakar.
LPG berwujud gas sehingga mudah bercampur dengan udara, maka tidak perlu
mekanisme pengabutan seperti pada bahan bakar bensin. Sebab itu pada
dasarnya Karburator untuk gas LPG sebih sederhana dibandingkan
Karburator untuk bensin.
Perhatikan gambar dibawah ini.
Gambar 1. Skema Dasar Mixer atau Karburator LPG |
Dari skema di atas maka part penting yang kita perlukan untuk membuat Karburator LPG adalah
- Badan Karburator bagian atas
- Piston atau Skep
- Pegas Skep
- Jarum Skep
- Baut Seting Idle
- Main Jet
Gambar 2. Part Karburator yang akan digunakan untuk Karburator LPG |
Hubungan Tingkat Kecepatan Putaran Mesin dan Posisi Skep
Pada posisi ini grip gas tidak
diputar atau lepas gas. Pada putaran ini posisi skep berada pada posisi
terendah tapi tidak sampai tertutup penuh masih ada celah (venturi)
sedikit agar udara masih bisa masuk. Gas LPG keluar hanya lewat nozle
idle (lubang kecil) hampir tepat dibawah skep (lubang idle). Sedangkan
main jet sama sekali tertutup oleh jarum skep, tidak ada gas LPG yang
keluar lewat main jet.
Pada saat ini posisi handle gas
diputar sampai 1/8 putaran. Pada putaran ini posisi skep mulai terangkat
sedikit, kira-kira 1/8 dari bukaan penuh skep sehingga venturi membesar
dan jarum skep terangkat sedikit. Gas LPG keluar lewat nozle idle dan
sedikit keluar dari celah antara jarum skep dan main jet.
Pada saat ini posisi handle gas
diputar dari 1/8 sampai 3/4 putaran. Pada putaran ini posisi skep
terangkat sampai kira-kira 3/4 dari bukaan penuh skep sehingga venturi
membesar lagi dan jarum skep lebih terangkat lagi sehingga celah main
jet membesar. Gas LPG keluar lewat nozle dan main jet.
Pada saat ini posisi handle gas
diputar dari 3/4 sampai 1 putaran. Pada putaran ini posisi skep
terangkat penuh sehingga ukuran lubang venturi dalam keadaan maksimal
dan jarum skep terangkat penuh sehingga celah main jet membesar
maksimal. Gas LPG keluar lewat nozle dan main jet.
PERHATIAN!
Pembuatan KONVERTER KIT LPG ini hanya
ditujukan untuk percobaan saja. Saya tidak menyarankan penggunaan Sepeda
Motor hasil Konversi ini untuk penggunaan sehari-hari. Segala resiko
menjadi tanggung jawab masing-masing.
Reviewed by -Kikik Efendi* World
on
12/10/2014
Rating:
Tidak ada komentar: