7 Cara alami mengatasi sakit kepala


Sakit kepala memang sangat mengesalkan terlebih lagi bila sakit datang pada saat-saat yang genting yang membutuhkan pikiran dan konsentrasi. Namun Anda dianjurkan untuk tidak terlalu cepat mengambil kesimpulan untuk meminum obat kimia dengan harapan sakit kepala akan sembuh secara instant.

Berikut ini beberapa cara alami untuk mengatasi sakit kepala Anda :

1. Seks
Berhubungan seks dengan pasangan dapat mengatasi rasa sakit di kepala atau migrain, sebagian atau seluruhnya. Hal tersebut disampaikan oleh ahli saraf dari Unibersity of Munster Jerman. Satu penelitian menemukan, lebih dari setengah orang-orang yang mengeluh sakit kepala merasa lebih baik setelah berhubungan seks. Ini diduga karena seks memicu pelepasan endorfin, penghilang rasa sakit alami. Itulah mengapa sakit kepala dapat dikurangi atau bahkan benar-benar pulih.

2. Duduk lurus.
Jika Anda duduk dengan postur merosot seperti huruf C, bisa jadi itu penyebab sakit kepala yang saat ini Anda alami. Ketika kita duduk merosot dan tubuh membentuk huruf C, kepala tegang ke atas, sehingga membuat leher tengang dan nyeri saraf, menyebabkan sakit kepala, jelas fisioterapis Sammy Margo. Jadi, untuk menghindari sakit kepala, duduklah dengan kaki rata di lantai. Pinggul dan lutut harus lurus ke depan.

3. Ikuti aturan 20/20.
Menurut pemimpin Eyecare Trust, Dharmes Patel, menatap layar komputer terlalu lama dapat menyebabkan sakit kepala, kelelahan mata, atau pandangan kabur. “Jadi, berpalinglah dari layar setiap 20 menit dan fokus pada sesuatu yang 20 meter jaraknya selama 20 detik.”

4. Kendurkan ikat rambut. 
Lima puluh dari 93 wanita mengalami sakit kepala karena ikat rambut ekor kuda. Demikian temuan dari National Migraine Center di London. Ikat rambut, dasi, topi ketat, atau bandana sangat menarik rambut membuat jaringan ikat di kulit kepala menjadi tegang. Jika Anda harus mengikat rambut, jangan mengikatnya terlalu kuat sehingga kepala Anda tidak merasakan sakit.

5. Minum air cukup. 
Minum segelas besar air dan tunggu 10 menit atau gosok kelopak mata dan leher selama 5 menit dapat meredakan ketegangan sakit kepala. Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Neurology, penderita sakit kepala yang diberikan plasebo atau diminta untuk minum 1,5 liter air setiap hari selama 12 minggu. Ternyata mereka yang minum air secara dramatis mengurangi sakit kepala.

6. Kacang-kacangan dan biji-bijian untuk camilan. 
Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber utama dari magnesium. Nah, magnesium ini merupakan mineral penting yang penting bagi relaksasi otot untuk meredakan ketegangan otot pada sakit kepala. Para peneliti di Headache Center di New York menemukan, 50 persen orang yang menderita migrain memiliki kadar magnesium yang rendah. Sumber magnesium adalah sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, kacang polong, kentang, gandum, dan ekstrak ragi.
 
 7. Jangan tidur sebentar-sebentar. 
Tidur yang terputus-putus dapat memicu sakit kepala, khusunya mereka yang kecanduan kopi. Karena kafein secara langsung mempengaruhi pembuluh darah di otak. Apalagi jika mengalami penurunan gula darah karena sarapan terakhir, maka dapat menyebabkan rasa sakit. Profesor Anne MacGregor, spesialis kesehatan wanita dan sakit kepala, menunjukkan jika Anda seorang peminum kopi, pastikan Anda jumlah yang dikonsumsi sama setiap harinya. 

Catatan : Apabila Anda telah mengikuti saran diatas naumun sakit kepala belum juga reda, segeralah konsultasikan keadaan Anda pada dokter pribadi atau dokter spesialis terdekat.
Reviewed by -Kikik Efendi* World on 6/02/2013 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.